Rabu, 24 November 2010

INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN TOKO BUKU


Pendahuluan
Pengintegrasian Teknologi Informasi di TOKO BUKU
OLEH: NUR ISLAMIYAH MUCHSIN
Menjamurnya toko buku tradisional dikalangan masyarakat tak sebanding dengan antusiasme mereka untuk mengunjungi toko buku-toko buku ini, karena kurangnya fasilitas dan kenyamanan pengunjung membuat toko buku semacam ini tidak begitu diminati dan akhirnya beralih ke toko buku besar, seperti Gramedia, Gunung Agung dll. Padahal justru toko buku tradisional paling potensial menjual koleksinya karena berada dekat dengan masyarakat dan buku yang tak kalah lengkap dengan toko buku besar, bahkan banyak toko buku tradisional yang masih menyediakan buku-buku terbitan lama, yang sebenarnya masih banyak dicari oleh para mahasiswa dan pelajar untuk memenuhi referensi mereka tidak seperti di toko buku besar, selain itu toko buku seperti ini juga memberikan harga yang lebih murah karena persentasi yang diberikan penerbit untuk penjual dishare sebagian untuk pembeli dengan harapan masyarakat lebih tertarik mengunjungi toko buku tradisional.
Berkaca pada pengalaman itulah kami hendak mengintegrasikan teknologi system informasi berupa data base untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses berbagai macam iformasi mengenai toko buku kami dan apa yang ada didalamnya. Pemanfaatan perangkat Teknologi Informasi database ini diharapkan mampu memberikan kenyamanan para pengunjung untuk mencari informasi referensi sedalam-dalamnya. Dan  memfasilitasi mereka membaca testimony dari setiap buku yang diinginkan.
Kondisi-kondisi Esensial Pengintegrasian Teknologi yang Efektif

Bagaimana agar pengintegrasian teknologi kedalam kurikulum dapat berhasil efektif? Hal-hal apa saja yang harus dipikirkan dan dipersiapkan? Adalah tindakan yang cerdas dan bijak memperhatikan apa yang dikemukakan oleh  M.D. Robiyer dalam Integrating  Educational Technology into Teaching yang dalam diagramnya memberi solusi mengenai kondisi-kondisi esensial yang harus diperhatikan dan dilakukan agar pengintegrasian teknologi dalam suatu lembaga pembelajaran dapat berjalan efektif.  Berikut adalah kondisi-kondisi esensial,  dalam melaksanakan program pengintegrasian teknologi kedalam kurikulum agar dapat berhasil bernilai guna dan efektif:

ü  Berbagi Visi
Visi mengenai pentingnya mengintegrasikan teknologi kedalam manajemen book store harus dibai kepada kepala toko, karyawan dan semua staf yang terlibat dalam manajemen toko agar mendapatkan dukungan keberlangsunag pengintegrasian teknologi berupa data base di dalam book store. Kami memiliki visi yakni menjadikan pembaca dan penjual cerdas, dengan pemanfaatan database ini setiap individu baik pengunjung ataupun karyawan dapat mengakses semua jenis buku, judul dan indeks yang terdapat didalamnya, sehingga pengunjung tidak pernah merasa keliru membeli buku dalam rangka referensi ataupun hobi.
ü  Dukungan Kurikulum dan Standard
Pengintegrasian teknologi informasi berupa database akan menjadikan bookstore tidak hanya sebagai penyedia kebutuhan namun juga sebagai sumber belajar yang semakin memberi kemudahan kalangan pelajar maupun umum didalam mengakses ilmu pengetahuan.
ü  Pembuatan Kebijakan
Pimpinan manajemen bookstore harus membuat kebijakan mengenai diintegrasikannya teknologi informasi database,  dengan tujuan agar seluruh karyawan siap mendukung program pengintegrasian ini.
ü  SDM Terlatih
Setiap karyawan akan mengikuti pelatihan dalam rangka pengintegrasian teknologi database ini, isi dari pada pelatihannya yakni meliputi apa itu database yang akan digunakan?, mengapa harus menggunakan database? dan bagaimana kah pengoperasian database secara professional serta mampu menjadi tempat bertanya para pengunjung. Tanpa itu semua maka sisitem tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan, dan pengoperasian system tidak akan maksimal. Aktifitas dan pelatihan haruslah secara seksama mendapatkan panduan dan terstruktur, sehingga seluruh staf yang terkait benar-benar terlibat dalam aktifitas pembelajaran pengoperasian database ini.
ü  Akses Hardware, Software dan Sumber lain
Perlu banyak mengakses situs-situs penyedia layanan system hardware atau lewat informasi teman sejawat yang mereferensikan, pemilihan database ini haruslah akurat sebab banyak penyedia yang memberikan promo kelebihan suatu system tanpa membeberkan kelemahannya, spesifikasi software dan hardware haruslah diperhatikan. Kompatibilitas dari hardware, software dan sumber peripheral lain mutlak diperlukan karena tanpa dukungan perangkat yang saling kompatibel teknologi informasi yang akan diintegrasikan ini tidak akan berfungsi optimal, atau bahkan tidak dapat beroperasi.   
ü  Bantuan Teknis
Hal yang tidak kalah penting adalah perlunya bantuan teknis tidak hanya dari vendor penyedia perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga dari provider jaringan serta ahli IT yang akan berperan sebagai content developer.

Kegunaan Pengintegrasian Teknologi database dalam Book Store
Teknologi bukan memegang peranan yang paling penting dalam proses pembelajaran. Dalam book store yang mengintegrasikan teknologi, para pengunjung dapat menggunakan database untuk mencari informasi, melihat isi buku, dan mencari indeks kata yang dibutuhkan dalam system dibeberapa komputer. Penggunaan database akan membuat pengunjung lebih cerdas dalam memilih bahan referensi mereka, dan tidak merasa telah membeli buku yang salah, pengintegrasian teknologi database kedalam book store pastilah lebih baik dibandingkan dengan book store yang tidak menggunakan system ini karena pengujung hanya pasif, hanya bertanya seadanya tentang buku apa yang mereka butuhkan dan caster pun menjawab seadanya sepengethauan yang mereka tahu dan itu sangat sedikit sekali dibandingkan dengan jumlah judul buku yang sudah ribuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar